.:[Double Click To][Close]:.

Wednesday, April 28, 2010

Bahaya Soda Untuk Kesehatan

Mungkin di antara kita banyak yang memilih minuman soda untuk menghilangkan rasa haus atau mungkin juga digunakan untuk dihidangkan untuk tamu , atau menjadi menu minuman saat mengadakan pesta kecil-kecilan. Tapi bagi yang sudah mengetahui bahaya dari minuman bersoda mungkin akan memilih minuman segar lainnya yang lebih bermanfaat bagi tubuh untuk menghilangkan rasa haus.

Berikut adalah berbagai resiko yang dapat ditimbulkan akibat meminum minuman bersoda :

1. Menyebabkan kerapuhan pada tulang.

Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang. Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong.

2. Menyebabkan kerusakan pada gigi.

Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan gigi semakin cepat rusak/ bolong.

3.Melemahkan otot serta tulang.

Dengan mengkonsumsi soda lebih dari 2 liter per hari bisa menyebabkan kadar kalium dalam darah menjadi turun drastis. Jika tubuh kekurangan kalium, efek yang dirasakan adalah tubuh merasa lemah, pusing dan dapat menyebabkan atrofi otot (tak mampu mengangkat beban atau geraknya jadi terbatas).

4. Menyebabkan kegemukan

Akibat kandungan kalori yang bisa mencapai 225 kalori dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Dalam setiap 1,057 liter minuman soda mengandung 225 kalori dan 39 gram gula.

5. Menyebabkan insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan (merupakan efek dari kafein yang dikandung oleh minuman bersoda).

Dengan telah mengetahui berbagai resiko bahaya yang ditimbulkan di atas sebaiknya kita menghindari minum-minuman bersoda secara terus menerus dan memperbanyak mengkonsumsi air putih.


sumber:http://javierzebua.wordpress.com/2010/01/06/bahaya-soda-untuk-kesehatan/

No comments:

Post a Comment